Phone :

081399210431

Email :

humas@unpak.ac.id

Artikel

Hipmi PT Unpak Sejak 2015: Wadah Para Pengusaha Muda

Hipmi PT Unpak Sejak 2015: Wadah Para Pengusaha Muda

HUMAS UNPAK - Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Perguruan Tinggi (PT) Universitas Pakuan (Unpak) merupakan sebuah Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang lahir sebagai wadah pembelajaran dan berbagi pengetahuan antar mahasiswa seputar dunia kewirausahaan.

Hipmi PT Unpak dicetuskan sejak 2015, seiring waktu telah bertransformasi menjadi salah satu UKM yang diminati mahasiswa di Unpak.

Hipmi PT Unpak diinisiasi oleh Wakil Rektor Bidang SDM dan Keuangan, Yuary Farradia yang kala itu masih menjabat sebagai Kepala Humas dan Promosi Unpak.

"Jadi Bu Yuary, Mas Haidar Esteh, bersama dengan yang lainnya mendorong terbentuknya himpunan pengusaha di lingkungan Unpak," kata Ketua Umum Hipmi PT Unpak, Muhammad Fajar Shodiq, dikutip dari jangkauindonesia.com, Selasa, 2 Januari 2024. 

Sejarah Hipmi PT Unpak

Fajar mengatakan, mulai 2015 berjalan Hipmi PT Unpak belum mendapat SK dari universitas selama 4 tahun. Saat itu, UKM yang menaungi calon para wirausaha itu masih berada dalam naungan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Keluarga Besar Mahasiswa (KBM) Unpak, di bawah kebijakan Menteri Dalam Kampus (Mendakam).

"SK belum turun. Jadi, waktu itu pihak Rektorat meminta Hipmi untuk membuktikan apakah UKM ini dapat memberikan manfaat kepada mahasiswa baik dari sisi pengetahuan bisnis, wirausaha, finansial," kata Fajar.

Seiring berjalannya waktu, Hipmi PT Unpak terus bertransformasi dan menunjukan keberadaannya, sejumlah keberhasilan telah dilakukan, salah satunya menggagas kegiatan seminar dengan mendatangkan narasumber Sandiaga Uno sebagai pemateri pada tahun 2018.

"Setahun kemudian, tepatnya 18 November 2019 SK pun turun, dan menjadikan Hipmi PT Unpak secara defintif menjadi UKM dibawah naungan langsung Rektorat Pakuan," ujarnya.

Urgensi Keberadaan Pengusaha

Rasio kewirausahaan di Indonesia baru mencapai 3,47% sebagaimana dilansir Kementerian Koperasi dan UKM per Maret 2023. Hal tersebut, belum bisa menghantarkan Indonesia sebagai negara maju pada 2045.

Sebagai perbandingan, saat ini Thailand memiliki rasio kewirausahaan di atas 4% dan Singapura mencapai rasio 8,6%.

"Jadi Hipmi PT Unpak berusaha memberi sumbangsih membentuk calon-calon pengusaha di masa mendatang," tutur Fajar.

Agenda Tahunan

Sampai saat ini, Hipmi PT Unpak aktif melaksanakan berbagai kegiatan, dengan upaya melahirkan banyak pengusaha muda di lingkungan kampus. 

"Hipmi harus menjadi trigger. Hipmi mengumpulkan, mengembangkan, dan menciptakan pengusaha muda," lanjut Fajar.

Hipmi PT Unpak juga tak terbatas pada mahasiswa-mahasiswi aktif di kampus saja.

"Jadi sebagaimana Anggaran Dasar kita, menciptakan pengusaha muda yang nerada di lingkungan Unpak, semua bisa join, baik mahasiswanya, staf dan karyawan lingkungan kampus, bahkan dosen sekalipun," ungkapnya.

Raih Prestasi Bergengsi

UKM Hipmi PT Unpak ini kerap mengikuti berbagai ajang kompetisi untuk meningkatkan mental, pengalaman dan kemampuan wirausaha.

Dalam rentang waktu 2 tahun terakhir, Hipmi PT Unpak mengikuti perlombaan busines model canvas, proposal business yang diselenggarakan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

"Alhamdulillah, Oktober 2022 lalu, dari ribuan peserta yang berpartisipasi dari berbagai kampus se-Indonesia, 13 orang lolos dan 3 diantaranya berhasil mendapat pendanaan dari Kemenpora," ungkap Fajar.

Harapan Hipmi PT Unpak

Fajar berpesan, kepada Hipmi PT Unpak dan seluruh mahasiswa untuk tidak takut mencoba, dan paham esensi menjadi seorang pengusaha.

"Pengusaha itu orientasi profit. Kalau bukan itu, namanya bukan pengusaha tapi charity," ungkapnya.

Menurut Fajar, menjadi seorang pengusaha tidak hanya sekedar menjajakan produk atau jasa, tapi harus bisa membangun ekosistem bisnis.

"Gak cuma tawarkan, jual, dibeli. Tapi perhatikan juga after sales service dan repeat order," ucap Fajar.***