Phone :

081399210431

Email :

humas@unpak.ac.id

Artikel

Jadi Percontohan Desa Digital, Mahasiswa Ilmu Komunikasi Gelar Dialog Dengan Kades Gunung Putri

Jadi Percontohan Desa Digital, Mahasiswa Ilmu Komunikasi Gelar Dialog Dengan Kades Gunung Putri

HUMAS UNPAK - Mahasiswa Program studi (Prodi) Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya (FISIB) Universitas Pakuan (Unpak) menggelar talkshow desa digital di Desa Digital Gunung Putri.

Acara yang dilaksanakan oleh mahasiswa Ilmu Komunikasi FISIB angkatan 2021 ini berlangsung di ruang serbaguna Desa  Gunung Putri, Kecamatan Gunung Putri, Kabupaten Bogor, Kamis, 4 Januari 2024.

Kegiatan tersebut digelar sebagai wujud implementasi praktik pembelajaran Mata kuliah Teknik News Casting dan Announcing.

Selain itu, talkshow Desa Digital adalah salah satu bagian dari wujud Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dalam tri dharma perguruan tinggi.

Pada kegiatan tersebut, para pelaksana membingkai acara dialog menarik ini dengan tema "Village Revolution: They Won't Left  Behind ".

Tidak hanya itu, kegiatan kolaborasi dan inovasi Desa Digital di Desa Gunung Putri ini menghadirkan narasumber, yakni Kepala Desa (Kades), Gunung Putri, Daman Huri dan Dosen FISIB, Jati Noegroho.

Melalui forum tersebut, Daman Huri selaku pemimpin di wilayah tersebut menyampaikan, sejak dirinya dilantik menjadi Kades Gunung Putri pada 18 Desember 2019, ia banyak melakukan gebrakan untuk kemajuan desanya.

Dikatakan Daman Huri, dengan jabatannya saat ini ia ingin membuat desanya menjadi sebuah desa digital dan mampu menghilangkan stigma negatif terhadap desanya.

"Berawal dari cita-cita ingin mengembangkan inovasi smart pole atau tiang pintar. Sehingga pada tahun 2021, Desa Gunung Putri memanfaatkan dana Satu Miliar Satu Desa (Samisade), antara lain untuk membangun tiang telekomunikasi di 14 titik yang tersebar di 14 RW, sehingga hadirlah Wifi murah untuk masyarakat," kata Daman Huri dalam dialognya. 

Ia menjelaskan, kini desanya telah terpasang CCTV sebanyak 64 titik yang tersebar di Desa Gunung Putri. Lalu, ia mengaku bahwa kini desa tersebut menjadi salah satu desa digital percontohan di Indonesia. 

Kini, selain kebanjiran studi banding, Desa Gunung Putri telah banyak meraih prestasi.

"Saya sampaikan apresiasi setinggi-tingginya, juga ucapan terima kasih kepada warga Desa Gunung Putri yang terus kompak dan bergerak menuju perubahan besar Desa kita, salam kompak selalu menuju Desa Gunung Putri yang MANDIRI (Maju, Aman, Demokratis, Religius)," ucapnya.

Sementara itu, Dosen FISIB Unpak, Djati Noegroho mengatakan digitalisasi desa dipercaya akan mampu menggerakkan pertumbuhan ekonomi desa.

Dalam dialog tersebut, Djati mengungkap melalui digitalisasi mampu mempromosikan potensi desa ke wilayah yang tidak pernah terjangkau sebelumnya.

Maka dari itu, desa harus mampu memanfaatkan konektivitas digital untuk membuka akses informasi, pendidikan hingga peluang bisnis demi peningkatan kualitas hidup masyarakat perdesaan.

Kemudian, di tempat yang sama, Mey Cresentya Rahail selaku Dosen Pengampu Mata kuliah News Casting dan Announcing menyampaikan apresiasinya kepada mahasiswa yang mampu mengemas dengan baik program talkshow bersama Pemerintah Desa Gunung Putri.***


OLY NURMANSYAH