Phone :

081399210431

Email :

humas@unpak.ac.id

Artikel

27 Mahasiswa Unpak Dikukuhkan Jadi Relawan Pajak

27 Mahasiswa Unpak Dikukuhkan Jadi Relawan Pajak

HUMAS UNPAK - Universitas Pakuan (Unpak) menghadiri undangan Tax Center Gathering dan Pengukuhan Relawan Pajak 2024 yang digelar di Aula Kujang Cakrabuana, Kantor Wilayah DJP Jawa Barat III pada Sabtu, 3 Februari 2024.

Tax Gathering sendiri merupakan agenda tahunan yang diadakan oleh Direktorat Jenderal Pajak baik oleh Kantor Wilayah (Kanwil) maupun Kantor Pelayanan Pajak (KPP) di daerah setempat.

Tujuan dari kegiatan terseubt untuk memperkuat hubungan dan kerjasama antara Wajib Pajak, petugas pajak, dan konsultan pajak dalam konteks perpajakan.

Partisipasi aktif dari Wajib Pajak, Pemerintah Daerah, dan pihak-pihak terkait menunjukkan bahwa Tax Gathering disambut baik oleh para pemangku kepentingan.

Hal ini menunjukkan keterbukaan Direktorat Jenderal Pajak terhadap masukan, saran, dan kritik untuk meningkatkan pelayanan perpajakan.

Kerjasama yang erat antara Direktorat Jenderal Pajak dan Wajib Pajak dianggap sebagai langkah penting dalam mendukung pembangunan daerah.

Kehadiran secara langsung, diwakilkan oleh Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Wiwik Budianti, SE, MSi dan dua relawan pajak.

Tax Center Gathering dan Pengukuhan Relawan Pajak 2024 ditujukan untuk mempererat kerjasama antara Perguruan Tinggi dan Kantor Wilayah DJP Jabar III.

Kepala Kantor Romadhaniah memberikan Piagam Penghargaan kepada Unpak dan Perguruan Tinggi lain atas partisipasi dan kerjasama dalam kegiatan Relawan Pajak tahun 2023.

Narasumber dari Kantor Pusat DJP juga memberikan materi tentang Pengenalan Laman Renjani (Relawan Pajak untuk Negeri) dan Tata Cara Penggunaannya kepada Relawan Pajak.

Setelah melalui serangkaian seleksi, pelatihan, dan tes, 27 mahasiswa dari Unpak berhasil lolos dan diumumkan sebagai Relawan Pajak yang akan ditempatkan di berbagai Kantor Pelayanan Pajak (KPP) di Bogor.

Tercatat lebih dari 3.000 orang menjadi Relawan Pajak yang sudah mengikuti pelatihan lanjutan dari 400an Tax Center seluruh Indonesia.

Dengan mengikuti program Relawan Pajak untuk Negeri (Renjani), mahasiswa Unpak diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam mendukung sistem perpajakan di wilayah Kanwil DJP Jabar III.

Para mahasiswa tersebut diharapkan aktif dalam memberikan pelayanan kepada Wajib Pajak, membantu dalam proses pelaporan pajak, serta memberikan pemahaman yang lebih baik tentang sistem perpajakan kepada masyarakat.

Partisipasi ini juga diharapkan dapat meningkatkan pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi melalui Pengabdian kepada Masyarakat dan memperkuat sinergitas institusi.

Acara itu dihadiri oleh 13 Tax Center dan Relawan Pajak dari Kantor Wilayah DJP Jabar III, baik secara langsung maupun daring.***

Sumber; jangkauindonesia