Phone :

081399210431

Email :

humas@unpak.ac.id

Artikel

Dhia Nida Fauziah Terpilih Sebagai Mahasiswa Berprestasi Unpak Tahun 2024

Dhia Nida Fauziah Terpilih Sebagai Mahasiswa Berprestasi Unpak Tahun 2024

HUMAS UNPAK - Dhia Nida Fauziah, Mahasiswi Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) terpilih sebagai mahasiswa berprestasi Universitas Pakuan (Unpak) tahun 2024.

Dhia dinyatakan terpilih sebagai mahasiswa berprestasi setelah mengikuti berbagai proses seleksi di ajang Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) tahun 2024 Unpak.

Terkait dengan pencapaian tersebut, Dhia mengungkap pendapatnya ketika akan berkompetisi di ajang Pilmapres 2024. Menurut Dhia, ajang tersebut merupakan salah satu ajang bergengsi.

"walaupun banyak yang bilang administrasi dan persyaratannya ribet dan banyak banget," kata Dhia kepada tim Humas dan Promosi Unpak, Selasa, 2 April 2024.

Kemudian, Dhia tetap pada pendiriannya untuk terus belajar dan bisa beradaptasi dalam segala kondisi yang terjadi dalam perkuliahan.

"Tapi dari sini aku jadi banyak belajar buat mempersiapkan segala sesuatunya apalagi jadwalnya di majukan. Jadi harus bisa multitasking juga buat persiapin ini diantara  tugas-tugas kuliah yang banyak," tutur Dhia.

Selain itu, Dhia menjelaskan untuk para mahasiswa agar mencoba setiap kesempatan yang datang dan turut berpartisipasi dalam berbagai kegiatan.

"Sebetulnya persiapan Mapres ini ga hanya sehari dua hari, tapi ketika ada kesempatan ya kita harus ambil, contohnya jika ada ajang atau lomba sebisa mungkin kita coba sesuai dengan minat & kemampuan diri kita juga, dan sertifikatnya bisa dilampirkan," ucap Dhia menjelaskan.

Dhia melanjutkan, proses penilaian tidak hanya prestasi akademik, namun beberapa prestasi lainnya jadi pertimbangan penilaian, terutama dalam segi kreatifitas dan kemampuan menulis karya ilmiah.

"Penilaian bukan hanya di akademik saja, tapi dari mulai prestasi lain yang harus di lampirkan maksimal 10 sertifikat yang di nilai dari tingkat Provinsi - Internasional, kemampuan berbahasa Inggris dan gagasan kreatif dalam pembuatan karya tulis ilmiah," kata Dhia mengungkapkan.

Sebagaimana diketahui, Unpak telah mengumumkan bahwa Dhia terpilih sebagai pemenang dalam Pilmapres tingkat Universitas yang berlangsung di Graha Pakuan Siliwangi (GPS) Lantai 10, Senin, 1 April 2024.

Kemudian, Dhia akan mewakili Unpak pada Pilmapres Tingkat Wilayah Tahun 2024.

Sementara itu, Ketua Pilmapres Tingkat Universitas Tahun 2024, Lufty Hari Susanto mengtakan jika Pilmapres tingkat universitas ini dilakukan secara berjenjang untuk menyeleksi mahasiswa yang turut berpartisipasi.

"Dilakukan berbagai tahapan yang diawali sosialiasi pada 20 Maret dan dihadiri oleh seluruh Wakil Dekan (Wadek) I Bidang Kemahasiswaan di setiap fakultas dan vokasi," kata Lutfy dikutip dari Jangkau Indonesia, Kamis, 4 April 2024.

Sebelumnya, para kandidat ini telah melewati tahap seleksi di fakultas masing-masing. Lalu, para kandidat terbaik akan kembali diseleksi di tingkat universitas.

Dalam prosesnuya, para kandidat harus memenuhi kriteria penilaian, di antaranya capaian unggulan, gagasan kreatif dan poster, dan kemampuan berbahasa inggris.

"Masing-masing bidang memiliki komposisi penilaian 45%, 35%, dan 20%," ungkap Lufty.

Selanjutnya, kandidat terpilih akan digembleng untuk mewakili Unpak menuju seleksi di tingkat wilayah.

Pilmapres merupakan kompetisi mahasiswa yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional yang ada di bawah naungan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi.

Tujuannya adalah untuk memberikan apresiasi kepada mahasiswa terbaik yang siap menjadi agen perubahan untuk membangun Indonesia yang lebih baik.