Phone :

081399210431

Email :

humas@unpak.ac.id

Artikel

Sukses Gelar PKPA Anggkatan II 2024, Unpak Ditunjuk jadi Penyelenggara UPA

Sukses Gelar PKPA Anggkatan II 2024, Unpak Ditunjuk jadi Penyelenggara UPA

HUMAS UNPAK - Pendidikan Khusus Profesi Advokat (PKPA) di Program Studi Ilmu Hukum Sekolah Pascasarjana Universitas Pakuan (SPS Unpak) secara resmi berakhir pada Minggu, 10 Maret 2024.

Sebanyak 33 peserta dari angkatan II PKPA telah menyelesaikan program studi profesi ini.

PKA yang berlangsung merupakan hasil kerja sama antara Prodi Ilmu Hukum SPS Unpak dengan Dewan Pimpinan Nasional (DPN) Peradi Pusat dan Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Peradi Kota Bogor.

Selanjutnya, ke-33 peserta akan melanjutkan dengan Ujian Profesi Advokat (UPA) yang akan dilaksanakan di Sekolah Pascasarjana Universitas Pakuan.

Ketua DPC Peradi Kota Bogor, Adi Atmaka, menyatakan bahwa PKPA angkatan II berjalan dengan baik selama satu bulan.

Program pendidikan tersebut terdiri dari delapan pertemuan yang diselenggarakan setiap Sabtu dan Minggu.

“Kami melibatkan advokat berpengalaman, ketua pengadilan negeri dan agama Kota Bogor, serta beberapa dosen dan praktisi hukum dari Sekolah Pascasarjana dan Fakultas Hukum Universitas Pakuan untuk memberikan materi dalam PKPA ini,” katanya.

Adi menekankan bahwa kebutuhan akan advokat terus meningkat karena masih banyak masyarakat yang membutuhkan keadilan dan kepastian hukum.

"Saat ini, terdapat 300 orang advokat yang terdaftar sebagai anggota DPC Peradi Kota Bogor," tambahnya.

UPA direncanakan akan dilaksanakan pada 26 Juni mendatang, dengan Sekolah Pascasarjana Unpak menjadi tuan rumah acara tersebut.

Ketua Prodi Ilmu Hukum Sekolah Pascasarjana Unpak, Iwan Darmawan, menyatakan kebanggaannya atas penunjukan Sekolah Pascasarjana Unpak sebagai tempat pelaksanaan UPA oleh DPN Peradi.

“Ini adalah pengalaman pertama bagi Unpak dan juga yang pertama kalinya di Bogor. Kami berharap partisipasi peserta UPA tahun 2024 dapat mencapai lebih dari 70 orang,” ujarnya.

Untuk PKPA angkatan III, Iwan mengungkapkan bahwa program tersebut direncanakan akan dimulai pada akhir April, dengan proses promosi dan pendaftaran dimulai pertengahan Maret.

“UPA akan diikuti oleh peserta PKPA dari angkatan I, II, dan III, sehingga pada 26 Juni nanti akan menjadi akumulasi dari seluruh angkatan PKPA yang diselenggarakan oleh Prodi Ilmu Hukum SPS Unpak bersama DPN Peradi Pusat dan DPC Peradi Kota Bogor,” jelasnya.

Acara penutupan PKPA angkatan II diadakan di lantai tiga auditorium SPS Unpak dan ditutup oleh Dadang Jaenudi, Wakil Dekan Bidang SDM dan Keuangan SPS Unpak, yang mewakili Dekan SPS Unpak, Prof Soewarto Hardhienata.

Acara penutupan tersebut juga dimeriahkan oleh penampilan Vision Band, sebuah grup musik yang terdiri dari para dosen SPS Unpak, yang menghibur para peserta PKPA dengan membawakan lagu-lagu hits.***

Sumber: jangkauindonesia